Home » , , , , » The Mummy (1999)

The Mummy (1999)

The Mummy (1999)
Sutradara : Stephen Sommers
Produser : Sean Daniel, James Jacks
Penulis : Kevin Jarre (story), Lloyd Fonvielle (story), Stephen Sommers (script/story)
Pemeran : Brendan Fraser, Rachel Weisz, John Hannah, Arnold Vosloo
Distributor : Universal Pictures
Tanggal rilis : 7 Mei, 1999 (AS)
Durasi : 124 menit

Sinopsis Film The Mummy (1999) :

Pada masa Mesir Kuno, 1290 SM, pendeta agung Imhotep menjalin cinta terlarang dengan Anck-su-Namun, selir firaun Seti I. Saat sang firaun mengetahui hubungan mereka, Imhotep dan Anck-su-Namun segera membunuhnya. Setelah kejadian itu, Imhotep melarikan diri sedangkan Anck-su-Namun mencegat para pengawal lalu bunuh diri karena yakin bahwa kelak Imhotep dapat menghidupkannya lagi. Setelah Anck-su-Namun dimakamkan, Imhotep dan para pengikutnya mencuri jenazahnya dan membawanya ke Hamunaptra, kota orang mati, untuk melakukan upacara pembangkitan jenazah. Upacara tersebut digagalkan oleh para pengawal firaun. Akhirnya, Imhotep dan para pengikutnya ditangkap lalu dijadikan mumi hidup-hidup. Imhotep dijatuhi hukuman Hom Dai agar dikutuk di dunia dan akhirat selamanya. Ia dikubur bersama kumbang pemakan daging di sebuah sarkofagus di bawah kaki patung dewa Anubis, dan dijaga oleh kaum penjaga makam yang disebut Medjay, agar keberadaannya tidak diketahui sehingga tidak akan mendatangkan wabah bagi dunia.

Di Kairo, 1926 M, Jonathan Carnahan menunjukkan sebuah kotak berisi peta—yang ia curi dari seorang mantan prajurit Legiun Asing Perancis—ke hadapan adiknya, Evelyn, seorang pustakawati dan egiptolog. Peta tersebut menunjukkan lokasi Hamunaptra—konon merupakan tempat dipendamnya harta Seti I—sehingga mereka berdua memutuskan untuk pergi ke sana. Dr Terrence Bay bersikap skeptis dan berkata bahwa Hamunaptra tidak pernah ada. Karena suatu kejadian, peta itu terbakar. Evelyn dan Jonathan pun terpaksa pergi ke penjara Kairo, tempat Richard "Rick" O'Connell—penemu kotak yang dicuri oleh Jonathan—untuk mengetahui keberadaan Hamunaptra karena Rick mengaku pernah bertempur di sana beberapa tahun sebelumnya. Rick yang sedang menanti hukuman mati menyatakan kesediaannya untuk membantu Evelyn asalkan Evelyn membebaskannya. Setelah Evelyn bernegosiasi dengan kepala sipir penjara, akhirnya Rick dibebaskan. Evelyn dan Jonathan pun menuju Hamunaptra dengan dipandu oleh Rick.

Dalam perjalanan, Evelyn dan rombongannya bertemu kelompok pemburu harta dari Amerika yang dipandu oleh Beni Gabor, mantan teman seperjuangan Rick. Setelah tiba di Hamunaptra, mereka bersaing dan melakukan penggalian di lokasi yang berbeda. Saat bermalam di sana, mereka diserang oleh para Medjay yang dipimpin oleh Ardeth Bay. Serangan mereka berhasil diredakan oleh Rick. Sebelum mereka pergi, Ardeth mewanti-wanti bahwa ada sesuatu yang tak boleh diusik sedang terkubur di sana. Tanpa mengindahkan peringatan Ardeth, rombongan ekspedisi terus melakukan penggalian. Rombongan Amerika yang mengincar emas justru mendapatkan Kitab Orang Mati beserta guci penyimpanan organ dalam Anck-su-Namun. Sementara itu, Evelyn yang mengincar Kitab Amun-Ra justru menemukan sarkofagus yang menyimpan tubuh Imhotep. Pada malam hari, Evelyn mengambil Kitab Orang Mati dari tenda rombongan Amerika saat mereka tertidur. Ia membaca kitab tersebut dengan suara keras sehingga Imhotep bangkit kembali dan melukai salah satu anggota rombongan ekspedisi. Menyadari ancaman dari Imhotep, mereka pun kembali ke Kairo, namun Imhotep berhasil mengejar mereka. Untuk mencari informasi tentang Imhotep, mereka pergi menemui Dr. Terrence. Ardeth tiba di museum terlebih dahulu dan mengungkapkan bahwa Dr. Terrence sesungguhnya anggota kaum Medjay sebagaimana dirinya. Setelah Evelyn—yang berjumpa dengan Imhotep—mengaku bahwa Imhotep pernah memanggil dirinya dengan sebutan Anck-su-Namun, Ardeth dan Dr. Terrence menyadari bahwa Imhotep ingin menghidupkan Anck-su-Namun kembali, dengan nyawa Evelyn sebagai tumbalnya.

Evelyn berhipotesis bahwa bila Kitab Orang Mati dapat menghidupkan Imhotep, maka Kitab Amun-Ra dapat merenggut nyawa Imhotep. Setelah menyelidiki lokasi kitab tersebut, Evelyn dan rombongannya bergegas kembali ke Hamunaptra untuk mendapatkannya. Di tengah perjalanan, Evelyn diculik oleh Imhotep. Imhotep, Evelyn, dan Beni—yang bersekutu dengan Imhotep—tiba lebih dahulu di Hamunaptra, diikuti oleh Rick, Jonathan, dan Ardeth. Jonathan mencari Kitab Amun-Ra, Rick dan Ardeth menyelamatkan Evelyn, sementara Beni mengangkut harta karun di yang ada di sana. Setelah Evelyn berhasil dibebaskan, ia segera membaca Kitab Amun-Ra sehingga Imhotep kehilangan kekuatannya dan dapat dibunuh. Di tempat lain, Beni yang sedang mengangkut harta tidak sengaja memicu suatu mekanisme sehingga Hamunaptra berguncang. Rick, Jonathan, dan Evelyn segera menyelamatkan diri. Sementara itu, Beni terperangkap di ruang harta dan digerogoti oleh kumbang pemakan daging. Setelah Hamunaptra runtuh dan tenggelam ke dalam pasir, mereka pergi dengan memboyong harta yang ditinggalkan oleh Beni.

The Mummy (1999) Full Movie Subtitle Indonesia
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Juragantomatx | Bioskoptigalima
Copyright © 2016. Nyangkutin | Semuanya Nyangkut Disini - All Rights Reserved
Template : Bebas Download Gratis | Juragan Tomat News
Proudly powered by Blogger